Mungkin Anda merupakan salah satu orang yang bercita – cita untuk menjadi seorang pemimpin di perusahaan besar, atau mungkin juga Anda ingin sekali menambah sedikit wawasan Anda tentang apa, dan bagaimana baiknya sikap seorang pemimpin.
Pemimpin adalah seseorang yang menggunakan kemampuan, sikap, dan nalurinya untuk menciptakan suatu keadaan tertentu, sehingga nantinya orang – orang yang dipimpinnya dapat saling bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Pemimpin tidak hanya ada dalam bentuk sebuah lembaga negara, atau perusahaan besar, tapi pemimpin dapat ditemukan mulai dari hal – hal kecil, misalnya pemimpin keluarga, kelas, atau bahkan orang yang mampu mengendalikan dirinya dengan baik, berarti telah memimpin individu pribadinya dengan baik.
Berikut ini akan saya tuliskan beberapa opini saya tentang Hal Yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin agar dia dapat menjadi pemimpin yang baik:
  1. Menghadapi Tantangan; Seorang pemimpin yang baik adalah dia yang berani dan amanah untuk menghadapi situasi menantang yang ada dihadapannya dengan tenang. Apakah itu misalnya seorang pimpinan perusahaan ketika menghadapi sebuah situasi perusahaan yang dipimpinnya sedang mengalami kemunduran, ataukan bisnis pribadi Anda sedang dililit masalah keuangan. Dalam situasi ini, berkomunikasi dengan bawahan Anda, atau mungkin karyawan Anda dengan tenang sambil mencari jalan keluar dan solusi terbaik untuk menghadapi masalah itu bersama adalah sebuah cara yang bisa diterapkan. Selain itu, dengan berkomunikasi dengan bawahan Anda, akan membuat bawahan atau karyawan merasa dihargai karena diajak untuk membicarakan masalah tersebut.
  2. Mendapatkan Kepercayaan; Bawahan Anda akan mampu bekerja dengan efektif apabila mereka sudah merasa percaya kepada pimpinan mereka, tidak akan ada orang yang bekerja dengan baik jika orang tersebut belum merasa percaya kepada atasannya. Kepercayaan akan menimbulkan sebuah rasa nyaman, dan hal inilah yang akhirnya akan membuat seseorang dapat bekerja lebih baik dan efektif. Mendapatkan kepercayaan bawahan atau karyawan adalah hal yang wajib bagi Anda, hal ini dapat dimulai dengan menunjukan pada mereka kalau Anda peduli terhadap mereka, bertanya tentang bagaimana keadaan orang tua, keluarga, atau mungkin pacar dari bawahan Anda merupakan salah satu tanda bahwa Anda peduli, tidak selalu harus melulu soal pekerjaan. Atau mungkin cara lainnya adalah jangan pernah menegur dengan keras bawahan Anda didepan umum ketika dia membuat kesalahan, bertanyalah dengan baik kepada bawahan Anda apa kendala yang dia hadapi sehingga sampai terjadi kesalahan, dengan begitu bawahan Anda akan mudah timbul rasa percaya terhadap Anda.
  3. Jadilah Diri Sendiri; Tiap individu memiliki gaya kepemimpinannya masing – masing, tugas Anda adalah menemukan, menyadari, dan pakailah gaya kepemimpinan Anda sendiri. Tidak perlu meniru gaya kepemimpinan orang lain jika itu tidak cocok dengan hati dan kepribadian Anda. Mempelajari gaya kepemimpinan orang lain itu baik, namun olahlah hasil pembelajaran tersebut sehingga bisa mengembangkan gaya kepemimpinan Anda sendiri yang cocok dengan Anda.
  4. Menghargai Orang Lain; Bukan sebuah rahasia lagi, bahwa ketika kita ingin dihargai oleh orang lain, maka mulailah dengan menghargai orang lain. Pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin yang bisa menghargai orang lain dalam hal ini berarti menghargai bawahan Anda. Dengan demikian Anda pun akan benar – benar dihargai oleh bawahan Anda, bukan hanya sekedar segan atau takut kepada Anda.
  5. Selalu Ingin Belajar; Pemimpin yang baik juga adalah seorang pemimpin yang selalu ingin belajar dari waktu ke waktu, baik itu belajar dari pengalaman memimpinnya, belajar dari bawahannya, atau bahkan belajar dari berbagai hal lain sehingga nantinya kualitas seorang pemimpin akan dapat terus meningkat dan membuat Anda akan selalu menjadi pemimpin yang lebih baik.
Demikian adalah beberapa opini saya tentang Hal Yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin, semoga dapat menjadi salah satu penambah wawasan baik itu untuk Anda dan juga untuk kita semua. Yang harus diingat oleh kita, menjadi pemimpin itu bukan hanya soal HAK, tetapi yang lebih penting adalah soal TANGGUNG JAWAB yang diemban dipundaknya.

[ HAL YANG WAJIB DIMILIKI SEORANG PEMIMPIN ]
sumber: palihmana.com